Halaman

Minggu, 25 Desember 2011

Menikah - Duet - Berpisah


Beberapa pasangan penyanyi berikut memutuskan untuk bercerai setelah membina rumah tangga sekian lama. Mungkin sebenarnya hal itu tidak mereka inginkan namun dengan alasan yang klise seperti tidak adanya kecocokan lagi, merekapun akhirnya memutuskan untuk berpisah. Dan ketika masih menjadi pasangan suami istri mereka pernah berkolaborasi untuk menghasilkan karya dibidang musik dengan menelurkan beberapa album duet. Kebanyakan album mereka cukup meledak di pasaran, bahkan berhasil memperoleh beberapa penghargaan di bidang musik. Meski kini mereka sudah tidak bersatu lagi namun karya-karya album duet mereka tetap abadi dan setidaknya pernah singgah di hati para penikmat musik di tanah air. Mereka yang disebutkan di atas antara lain :

1.        Anang dan Krisdayanti
Pasangan ini cukup fenomenal kala itu. Dua penyanyi solo yang sedang beranjak meniti karir akhirnya memutuskan untuk menikah di tahun 1996. Duet mereka diawali dengan kisah cinta yang sangat romantis. Album duet perdana Anang dan Krisdayanti, berjudul Cinta (1996), dibuat Anang sebagai kado untuk para undangan yang datang ke pernikahan mereka. Kolaborasi vokal ngerock Anang dan vokal pop Krisdayanti ternyata menjadikan lagu-lagu di album pertama ini menjadi unik. Album inipun akhirnya meledak di pasaran, sehingga merekapun terus memproduksi album duet yang mengiringi album-album solo mereka. Total mereka sudah menghasilkan 7 album duet dan berbagai penghargaan dari album-album tersebut. Banyak lagu hits yang berasal dari album-album tersebut, antara lain Berartinya Dirimu, Cinta, Demi Cinta, Timang-timang, Makin Aku Cinta, Rapuh dan lain sebagainya. Namun setelah gonjang-ganjing kehidupan rumah tangga mereka, pada pertengahan Agustus 2009 pernikahan ini pun kandas.


2.        Indra Lesmana dan Sophia Latjuba
Pasangan yang menikah diawal tahun 90-an ini juga telah menghasilkan album duet. Di era duet ini Indra benar-benar ngepop dan 'meninggalkan' musik jazz yang digelutinya sejak dulu. Boleh jadi karena menyesuaikan diri dengan karakter vokal Sophie yang unik. Album duet mereka melejitkan tembang Hanya Untukmu dan Keinginan yang simple dan easy listening, sehingga gampang disukai. Di akhir tahun 90-an merekapun memutuskan untuk mengakhiri pernikahan mereka.

3.        Reynold Panggabean dan Camelia Malik
Pasangan suami istri ini ngetop di era tahun 70-an. Mereka banyak menghasilkan album dangdut baik solo maupun duet yang diiringi oleh orkes melayu Tarantula pimpinan Reynold sendiri. Dengan unsur rock yang terbangun di sela irama dangdut, OM Tarantula telah menjejakkan ciri khas yang tidak banyak dilakukan di kancah musik dangdut. Lagu-lagu hits yang mereka hasilkan antara lain, Ceplas-ceplos, Bunga dan Kumbang, Colak-colek, Raba-raba, dan masih banyak lagi yang lainnya. Pada bulan Maret 1989 mereka bercerai setelah bertahan selama 12 tahun.

4.        Ronnie Sianturi dan Atiek CB
Pasangan ini terlihat sangat mesra dan romantis ketika merilis album duet mereka yang berjudul Kau dan Aku (1992). Ini adalah satu-satunya album duet mereka. Lagu andalan album ini adalah Kau dan Aku seperti tajuk albumnya, tapi ini merupakan mini album yang cuma berisi 4 lagu. Sayang pernikahan yang belum sempat dikaruniai keturunan ini berakhir dengan perceraian beberapa tahun kemudian.

5.        Ikke Nurjanah dan Aldi Bragi
Sulit membayangkan bahwa pasangan “dangdut-pop” ini akhirnya berpisah juga. Ikke Nurjanah dan Renaldi Hutomo Wahab atau Aldi, salah seorang personel grup band Bragi memutuskan untuk menikah pada tanggal 16 Oktober 1998. Meski berbeda aliran, mereka berhasil menyatukan musik mereka dengan menggarap album duet Memandangmu (1998) yang beraliran dangdut kontemporer. Lagu Memandangmu sendiri cukup disukai masyarakat yang ditunjang dengan video klipnya yang cukup bagus. Pasangan ini berhasil meraih predikat sebagai penyanyi/duo/grup terbaik dan lagu Memandangmu sebagai lagu terbaik kategori dangdut pada Anugerah Musik Indonesia tahun 1999. Sangat disayangkan akhirnya pasangan ini memutuskan untuk bercerai pada tahun 2007 lalu.

Selain mereka masih ada pasangan Glenn Fredly dan Dewi Sandra yang menikah lalu menghasilkan single duet When I Fall In Love, lantas tidak lama kemudian bercerai. Meski demikian masih ada beberapa pasangan suami istri yang berduet dan mampu bertahan, bahkan ada yang sudah dianggap melegenda seperti pasangan Muchsin Alatas dan Titiek Sandhora.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar