Halaman

Sabtu, 21 September 2013

Polisi Bollywood & Kumis

Pada era tahun 70 hingga 80-an perfilman bollywood banyak menampilkan peran-peran seorang polisi, entah itu sebagai tokoh antagonis maupun protagonis. Yang menarik, kebanyakan dari para polisi tersebut, penokohan fisiknya menambahkan tampilan kumis pada wajah, baik yang asli maupun buatan. Sekitar dua tahun belakangan ini peran seorang tokoh polisi atau tentara sebagai hero di dalam sebuah film bollywood kembali marak. Dan kebanyakan dari mereka semua tampilannya berkumis. Pemerannya pun diberikan kepada para aktor nomor wahid pencetak box office dan 3 Kings Khan (Shah Rukh, Aamir & Salman) pun ikut meramaikannya.
Hal ini bermula dari Salman Khan yang mencetak hit dengan filmnya Dabangg (2010) sebagai tokoh hero seorang polisi berkumis dan berkacamata. Karismanya memikat banyak penonton untuk membeli tiket, entah karena cerita filmnya atau karena tampilan baru Salman Khan yang berkumis. Karena laris dua tahun kemudian dibuatkan sekuelnya Dabangg 2 (2012). Yang jelas kemudian banyak aktor yang turut berperan sebagai tokoh seorang polisi atau pun tentara berkumis di film-film mereka.

Ajay Devgan ikut ambil bagian sebagai tokoh polisi dalam Singham (2011).
Disusul Shahid Kapoor sebagai seorang tentara angkatan udara dalam Mausam (2011).
Tidak ketinggalan Akshay Kumar yang kerap juga kebagian peran sebagai seorang polisi ini kembali berperan sebagai seorang tokoh polisi di Rowdy Rathore (2012).
Bahkan Shah Rukh Khan pun di daulat berperan menjadi seorang tentara di kesatuan penjinak bom dalam film Jab Tak Hai Jaan (2012)
Dan Aamir Khan berperan sebagai seorang polisi yang merasa bersalah atas kematian anaknya dalam film Talaash (2012).
Meski para aktor tersebut berseragam polisi atau tentara namun model kumis mereka dibuat berbeda-beda. Akhir-akhir ini memang kebanyakan para aktor bollywood sering berpenampilan berkumis atau menumbuhkan cambang di setiap peran yang mereka mainkan di film, meskipun bukan menjadi seorang tokoh polisi. Seperti Hrithik Roshan dalam Guzaarish, Saif Ali Kan dalam Agent Vinod, Abhisek Bachchan dalam Bol Bachan Bol, Imraan Khan dalam Matru Ki Bijle Ka Mandola, dan masih banyak lagi yang lainnya. Mereka sudah tidak tampil klimis lagi seperti biasanya dalam film-film mereka.
Apakah memang polisi di India itu identik dengan kumis? Mungkin iya kalau kita lihat dari film-film mereka. Namun kini tampilan hero seorang polisi dalam film sudah berbeda, tidak seperti pada masa tahun 70 atau 80-an tersebut. Mereka kini jadi seorang polisi yang fashionable, atletis, tidak gendut, jarang membawa tongkat dan tidak terlambat datang ketika masalah sudah selesai. Namun tetap berkumis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar