Halaman

Selasa, 30 Oktober 2012

Aktris Pemeran Utama di Film-film Rhoma Irama



Rhoma Irama selain sukses di dunia musik dangdut hingga dianggap sebagai “Raja Dangdut”, beliau juga sukses di dunia film setidaknya secara komersil. Sejauh ini tercatat sudah lebih dari 20 judul film layar lebar yang dibintangi Rhoma Irama. Film-filmnya sampai sekarang masih sering diputar di stasiun televisi, dan sering ditayangkan pada kesempatan-kesempatan tertentu.

Rhoma Irama sering memerankan dirinya sendiri sebagai Rhoma di setiap filmnya, meskipun di beberapa film beliau menggunakan nama lain sebagai tuntutan cerita, saat menyamar misalnya. Ciri khas lain dari film Rhoma Irama adalah dihiasi dengan lagu-lagu dangdut yang mengikuti alur cerita filmnya hingga kemudian lagu-lagu itu turut melegenda. 

Hanya sedikit aktris yang bermain menjadi pemeran utama wanita sebagai tokoh love interest Rhoma Irama dalam setiap filmnya. Entah kenapa hanya sedikit aktris yang bermain menjadi pasangan Rhoma Irama. Hingga terkesan hanya aktris itu-itu saja yang menjadi tokoh utamanya.

Berikut ini beberapa aktris yang sering menjadi pemeran utama wanita di setiap film Rhoma Irama :

Yati Octavia
Pada era keemasan film Indonesia, artis Yati Octavia adalah artis terlaris dan termahal, ia sempat dijuluki “The Big Five” bersama 4 artis lainnya karena sempat menerima honor lebih dari 5 juta rupiah di setiap filmnya kala itu.

Ia telah bermain di 10 judul film Rhoma Irama, yaitu Penasaran (1976), Darah Muda (1977), Gitar Tua (1977), Begadang (1978), Berkelana (1978), Berkelana II (1978), Pengorbanan (1982), Kemilau Cinta di Langit Jingga (1985), Menggapai Matahari (1986) dan Menggapai Matahari II (1986).

Ricca Rachim

Aktris yang tenar pada tahun 1970-an dan awal 1980-an ini memulai debutnya di perfilman nasional pada tahun 1977 dalam film Jakarta Jakarta. Ricca juga dikenal sebagai istri kedua Rhoma Irama yang hingga kini masih mendampinginya. Ricca mulai berkenalan dengan Rhoma pada tahun 1979. Saat itu Rhoma sedang mencari pengganti Yati Octavia yang sering menjadi pasangannya di film. Ricca akhirnya jadi pasangan tetap dalam film-film Rhoma.

Ia telah membintangi 8 judul film Rhoma Irama, yaitu Camellia (1979), Cinta Segitiga (1979), Melodi Cinta (1980), Perjuangan dan Doa (1980), Badai di Awal Bahagia (1981), Pengorbanan (1982), Pengabdian (1984) dan Satria Bergitar (1984).


Ida Iasha

Ida Albertina van Suchtelen van de Haere atau lebih dikenal dengan nama Ida Iasha adalah seorang pemeran film Indonesia di era 80-an. Debutnya sebagai peran utama di film Kodrat berdampingan dengan aktor dan sutradara senior Slamet Rahardjo.

Film-film Rhoma Irama yang pernah dibintanginya adalah Bunga Desa (1988), Nada dan Dakwah (1991), Tabir Biru (1993) dan Sajadah Ka’bah (2011).


Camelia Malik

Beliau adalah seorang penyanyi dangdut dan pemain film. Mia, demikian biasa disapa, dijuluki sebagai "Diva Dangdut Jaipong". Hal ini karena tari jaipongan menjadi ciri khasnya saat membawakan lagu dangdut. Mia besar dalam lingkungan dunia perfilman. Ayahnya, Djamaludin Malik. Mia mulai bermain film saat usianya baru 16 tahun. Film perdana dibintanginya bersama Rachmat Kartolo yaitu Ratna.

Dalam film Rhoma Irama, ia hanya berperan di dua judul film saja yaitu Nada-nada Rindu (1987) dan Jaka Swara (1990).


Chintami Atmanegara

Sukses berkarir sebagai pemain film, model dan penyanyi. Mengawali karier artisnya dengan bermain dalam film Tempatmu di Sisiku (1979) arahan Jopie Burnama langsung sebagai peran pemdukung utama. Wajahnya juga sering menghiasi kalender-kalender dan membintangi berbagai macam produk iklan.

Pernah bermain di film Rhoma Irama yang berjudul Cinta Kembar (1984) dan Pengabdian (1984).


Referensi : Wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar