Halaman

Selasa, 30 September 2014

20 Serial Televisi Paling Berpengaruh



Banyak serial televisi luar yang ditayangkan di televisi nasional menjadi sangat berpengaruh dalam hidup seseorang dan tak terlupakan. Entah karena jalan ceritanya yang menyentuh atau kehadiran para bintangnya yang memesona. Selanjutnya dalam proses akan membentuk selera masing-masing penonton. Berikut ini saya sajikan 20 serial televisi “The Most Influential and Unforgettable” dalam hidup saya.

1.      Twin Peaks (1990 – 1991)
Berkisah tentang penyelidikan agen khusus FBI Dale Cooper terhadap kematian seorang gadis bernama Laura Palmer yang penuh misteri dan bisa mengancam jiwa sang agen. Hal ini juga mampu mempengaruhi hidupnya selama keberadaannya di sebuah kota kecil bernama Twin Peaks. Menegangkan dan penuh intrik, gak bisa melewatkan satu episode pun. Serial ini hanya ada 2 season. 

 2.      Melrose Place (1992 – 1999)
Kehidupan dan percintaan sekelompok orang dewasa muda yang tinggal di gedung “Melrose Place” California. Masing-masing dengan mimpi mereka, konflik yang tak terpecahkan, penaklukan dan dengan segala konsekuensinya. Serial yang pernah berjaya di zamannya ini bertahan selama 7 season. Di tahun 2009 dibuat sekuelnya dengan formasi pemain para pendatang baru.

3.      Friends (1994 – 2004)
Kisah enam orang muda yang berjuang untuk bertahan hidup di dunia nyata. Menemukan persahabatan yang sejati untuk saling merasa nyaman dan mendukung satu sama lain di tengah tekanan hidup. Situasi komedi ini mampu bertahan selama 10 season.
 4.      Dexter (2006 – 2013)
Everyone’s favourite serial killer. Tapi Dexter bukan seperti pembunuh berantai kebanyakan, dia hanya membunuh orang-orang yang sangat cocok dan layak dibunuh berdasarkan "moral code" yang diajarkan ayahnya. Serial ini berlangsung selama 8 season.

5.      Beverly Hills 90210 (1990 – 2000)
Berawal dari kisah sekelompok pelajar SMA di kawasan elit Beverly Hills yang kemudian berlanjut hingga mereka di perguruan tinngi. Mengupas kisah cinta dan persahabatan diantara mereka. Serial ini bertahan hingga 10 season.

6.      Party of Five (1994 – 2000)
Perjuangan hidup lima saudara kandung yang ditinggal kedua orang tua mereka akibat kecelakaan lalu lintas. Mereka harus mampu bertahan dan saling menjaga. Serial ini mampu terus bertahan hingga 6 season dan para pemainnya kini menjadi bintang besar seperti Scott Wolf, Matthew Fox, Nave Campbell, Lacey Chabert dan Jennifer Love Hewwitt.

7.      Friday The 13th (1987 – 1990)
Serial horor tentang pemburuan untuk mendapatkan kembali barang-barang antik yang telah dikutuk sebelum disalahgunakan oleh orang-orang yang tak bertanggung jawab. Serial ini dulu sering ditunggu di TVRI saking serunya dan bertahan selama 3 season.

8.      Full House (1987 – 1995)
Tentang seorang ayah single parent yang membesarkan ketiga anak perempuannya sendiri. Ia juga mengajak adik iparnya yang seorang musisi rock dan sahabat baiknya untuk ikut serta tinggal seatap dengannya. Tentunya akan terjadi banyak kegaduhan dalam keluarga besar ini. Dan serial komedi ini mampu bertahan selama 8 season.

9.      The Bold and The Beautiful (1987 – ....)
Dalam dunia fashion, keluarga Forrester sangat berpengaruh di Beverly Hills. Namun dibalik kemegahan dan segala gemerlapnya, keluarga Forrester menghadapi banyak penderitaan, mencakup perceraian, sakit dan kematian.

10.  The Cosby Show (1984 – 1992)
Kisah keluarga Huxtable tak sekedar mengocok perut tetapi juga mengajarkan tentang pendidikan moral. Dokter kandungan Bill Cosby dengan istrinya Clair (Phylicia Rashad) berperan sebagai orang tua dari enam anak serta seorang cucu, mengalami berbagai persoalan tetapi selalu dihadapi dengan riang tanpa beban. Komedi ini juga mampu bertahan selama 8 season.

11.  Dawson’s Creek (1998 – 2003)
Mengisahkan tentang empat orang remaja dengan permasalahan mereka dalam memasuki masa remaja. Teman semasa kecil, persahabatan dan cinta terangkum semua dalam sebuah kisah sederhana ini dengan bumbu soundtrack yang manis. Serial ini berhasil melewati 6 season.

12.  Little House on The Prairie (1974 – 1983)
Serial keluarga yang disutradarai sekaligus pemain utama Michael London ini berangkat dari novel karya Laura Ingalls Wilder dan bertutur mengenai kehidupan keseharian, termasuk konflik dan romantika yang dekat dengan kehidupan masyarakat kita. Serial ini merupakan tontonan “wajib” di hari minggu siang tahun 80’an dan sudah berlangsung selama 9 season.

13.  The X Files (1993 – 2002)
Agen FBI Fox Mulder dan Dana Scully memang beda. Mulder percaya dunia paranormal sedangkan Scully tidak. Bersama-sama mereka menyelidiki dan memecahkan kasus-kasus paranormal yang kadang mengundang resiko bagi hidup mereka. Penyelidikan ini berlangsung selama 9 season.

14.  Remington Steele (1982 – 1987)
Kisah sepasang detektif swasta dalam mengatasi masalah-masalah kejahatan hingga akhirnya mereka saling punya perasaan satu sama lain. Cerita ini berlanjut hingga 5 season.

15.  CHiPs (1977 – 1983)
Ini drama tentang polisi jalan raya yang bertugas dengan motor di California. Cerita bertumpu pada dua polisi John Baker berkulit putih dengan Frank “punch” Poncherello yang berkulit coklat. John penyabar dan serius, sementara Punch romantis, namun gampang naik darah. Keduanya berpatner membantu masyarakat bukan hanya pada soal salah jalur di jalan raya, tapi juga persoalan kemanusiaan seutuhnya. Perjalanan mereka hingga 6 season.

16.  The Six Million Dollar Man (1974 – 1978)
Kisah utamanya berupa petualangan Steve Austin (Lee Majors), yang rencananya dikirim ke bulan tetapi pesawatnya jatuh di padang pasir. Karena mengalami luka parah, ia dioperasi dan berubah menjadi seorang Cyborg. Dari sinilah kisah berkembang menjadikan Steve sebagai pemberantas kejahatan dan sudah berlangsung selama 5 season.

17.  ER (1994 – 2009)
Michael Crichton telah menciptakan sebuah drama medis tentang hidup dan mati di sebuah ruang gawat darurat rumah sakit Chicago. Setiap episode menceritakan sebuah kisah yang begitu menyentuh dan emosional. Kisah ini sudah berlangsung selama 15 season.

18.  Return to Eden (1983)
Dunia model dan persaingan bisnis menjadi inti kisah cerita film serial produksi Australia ini. Stephani Harper (Rebbecca Gilling) pewaris harta dan bisnis Harper Mining harus berhadapan dengan berbagai rongrongan dan pengkhianatan yang dilakukan Jilly Stewart (Petta Topano).

19.  The A Team (1983 – 1987)
Kisah empat orang pelarian “hukum”, yang justru menegakkan hukum. Dipimpin oleh Haniball, yang selalu merokok dengan cerutu, mereka berkeliling ke berbagai negeri dengan van hitam, untuk menolong masyarakat yang tertindas oleh tirani. Kisah pelarian ini hingga 5 season.

20.  Sunset Beach (1997 – 1999)
Another soap opera yang penuh konflik, cinta, perselingkuhan, pengkhianatan dan masalah keluarga dengan multi cerita dan tokoh.


Referensi : IMDB dan majalah Vista TV

1 komentar: