Halaman

Selasa, 14 Oktober 2014

25 Film Asing Paling Berkesan



Beberapa film dapat meninggalkan kesan yang dalam dan mempengaruhi hidup sesorang, bahkan terkadang sampai memberi sumbangsih pengalaman tak terlupakan. Berikut ini saya sajikan 25 film berbahasa asing (kecuali film India karena akan saya kelompokkan tersendiri) yang paling berpengaruh dan berkesan dalam hidup saya.

1.    The Lord of The Rings Trilogy (2001-2003)
Film hasil adaptasi novel karya J.R.R. Tolkien ini memang istimewa, penyajian zaman middle earth dengan segala makhluk ajaib di dalamnya, special effect canggih, visual effect modern, set yang indah, make up mendetail, cerita kolosal, sehingga dapat memberikan pengalaman sinematis yang luar biasa. Film yang disutradarai oleh Peter Jackson ini menjadi salah satu kisah fantasi terbaik sepanjang masa, menceritaka sebuah cincin ampuh dengan kekuatan dahsyat yang diperebutkan dan penentu nasibnya adalah Frodo (Elijah Wood) yang akan menghancurkan cincin itu di Mordor.

2.    Turtles Can Fly (2004)
Film yang diproduksi atas kerjasama Iran dan Irak ini mengisahkan tentang kehidupan anak-anak korban perang di Irak, dengan keluguan mereka menjalani hari-hari di tengah perang yang sedang terjadi dan menunggu nasib mereka selanjutnya. Ending film yang tak terduga bisa membuat hati kita tersentuh.
3.    The Breakfast Club (1985)
Film karya John Hughes ini terasa paling berkesan di tahun 80-an. Di sabtu pagi saat kelima siswa SMA dengan sifat dan latar belakang berbeda dikumpulkan di sebuah ruangan untuk menjalani hukuman atas kesalahan masing-masing. Tak disangka-sangka, mereka yang awalnya tidak saling peduli akhirnya menjadi begitu dekat. Ini gambaran remaja usia belasan yang sedang memasuki tahap pencarian jati diri dan makna hidup.

4.    The Shawshank Redemption (1994)
Tentang bankir muda dan sukses yang hidupnya berubah drastis ketika ia dinyatakan bersalah dan dijatuhi hukuman penjara seumur hidup atas pembunuhan istri dan kekasihnya. Film ini memiliki karakter pemain yang kuat dengan alur yang berjalan lambat. Salah satu ending tercerdas yang pernah ada dengan twist mengejutkan dan adegan balas dendam ‘termanis’ dalam film.

5.    Argo (2012)
Disutradarai oleh Ben Affleck yang sekaligus bermain di dalamnya, mengetengahkan drama politik tentang upaya penyelamatan 6 orang diplomat Amerika di Teheran, Iran pada tahun 1979 selama krisis penyanderaan. Film yang berdasarkan kisah nyata ini memiliki jalinan cerita yang menegangkan dan membawa kita larut bersamanya. Predikat best picture pun diraih film ini pada penyelenggaraan piala Oscar tahun 2012.

6.    3 Iron (2004)
Film ini terasa beda karena sepanjang film berjalan tak satupun karakter disini bicara kecuali di akhir film. Segala bentuk komunikasi antar tokoh dilakukan dengan permainan ekspresi wajah yang nyaris sempurna tetapi penonton dapat dengan mudah mengikuti alur film. Karya sutradara Kim Ki-Duk ini mengisahkan tentang seorang pemuda yang suka masuk ke rumah kosong yang sedang ditinggal oleh penghuni rumah untuk berlibur. Dia tidak mencuri hanya tinggal sementara waktu sampai penghuninya kembali.

7.    Memento (2000)
Ide dan penggarapan karya Christopher Nolan yang jelas tak mudah dimana cerita awal film adalah ending dan akhir adalah opening. Jalan cerita yang membingungkan meskipun ceritanya sendiri cukup sederhana tentang seorang pria yang menderita short-term memory loss, menggunakan catatan dan tato untuk melacak pembunuh istrinya.

8.    A Separation (2011)
Film Iran karya Asghar Farhadi yang banyak mendapat perhargaan di festival film ini berkisah tentang kehidupan pasangan Nader (Peyman Moaadi) dan Simin (Leila Hatami) yang berada diambang perceraian. Kualitas film ini ditunjukkan oleh akting para pemainnya yang bagus dan gaya naratifnya yang sederhana menyampaikan betapa kompleknya moralitas dan aspek psikologis manusia.

9.    Into The Wild (2007)
Berdasarkan kisah nyata. Setelah lulus dari universitas, Christopher McCandless (Emile Hirsch) meninggalkan harta miliknya, memberikan seluruh rekening tabungannya untuk amal dan menumpang ke Alaska untuk hidup di padang gurun. Sepanjang jalan, Christopher bertemu dengan serangkaian karakter yang membentuk hidupnya. Film ini disutradarai oleh Sean Penn dan mengetengahkan tagline happiness only real when shared.

10.    50/50 (2011)
Terinspirasi dari kisah nyata, menceritakan tentang perjalanan hidup seorang pengidap kanker tulang belakang, dimana hanya 50% kesempatan untuk mengalahkan kanker itu. Dengan bantuan sahabatnya, ibunya, dan seorang terapis muda di pusat kanker, ia belajar tentang apa dan siapa, hal yang paling penting dalam hidupnya. Meski membahas tentang penderita kanker, film ini tidak bernuansa muram melainkan drama komedi.

11.    Indiana Jones and The Temple of Doom (1984)
Kisah petualangan arkeolog Indiana Jones (Harrison Ford) yang seru karya Steven Spielberg. Adegan memorable di film ini adalah ketika Indy dan teman-temannya kabur menggunakan gerobak tambang yang melaju cepat di rel tambang yang sangat berbahaya.

12.    Incendies (2010)
Film produksi Kanada ini mengisahkan tentang permintaan terakhir seorang ibu kepada sepasang anak kembarnya yang sudah dewasa untuk mencari ayah dan saudara laki-laki yang tak pernah mereka ketahui di daerah Timur Tengah. Film dengan kualitas akting pemain yang baik dan mempunyai 2 alur cerita secara bergantian dengan inti tentang kebencian yang mengakar, perang tidak pernah berakhir dan cinta abadi. Ditutup dengan sebuah twist yang menyesakkan dada.

13.    A Walk to Remember (2002)
Adaptasi dari novel karya Nicholas Sparks, dengan cerita yang mudah ditebak dan tema klise tipikal gadis baik-baik bertemu dengan pria badung. Kendati demikian film ini berhasil tampil romantis dengan dukungan musik dan lagu-lagu yang indah, chemistry Mandy Moore dan Shane West yang menonjol serta pesan kekuatan cinta dan hati yang tulus bisa tersampaikan pada penonton.

14.    Murder on The Orient Express (1974)
Detektif terkenal Hercule Poirot (Albert Finney) rekaan Agatha Christie, kali ini harus menyelidiki tentang pembunuhan seorang tycoon asal Amerika di atas perjalanan kereta api Orient Express diantara 13 orang tersangka yang ada. Film klasik ini didukung deretan pemain terkenal pada masanya kala itu.

15.    Superman II (1980)
Kali ini Superman harus berhadapan dengan tiga kriminal dari Krypton. Superman adalah tokoh superhero yang saya idolakan sejak kecil, mungkin dulu berpikir karena dia hebat bisa terbang dan punya kekuatan super. Pemerannya, Christopher Reeve sosoknya sangat melekat dengan Superman.

16.    A Little Thing Called Love (2010)
Nam (Pimchanok Luevisadpaibul) berbakat dan lucu, tapi dengan penampilan polos. Dia jatuh cinta dengan Shone (Mario Maurer) seniornya di SMA, salah satu idola di sekolah. Apakah dia berhasil mendapatkan cinta pertamanya? Sebuah komedi romantis dengan premis sederhana namun mampu membuai penonton.

17.    Serendipity (2001)
Sebuah film komedi romantis tentang sepasang manusia yang saling penasaran dan saling mencari tahu siapa jodoh yang ditakdirkannya. Tidak ada kata terlambat untuk menemukan jodoh yang tepat. Chemistry yang terbangun diantara pemainnya, John Cusack dan Kate Beckinsale sangat dalam.

18.    The English Patient (1996)
Film yang sangat menyentuh, hasil adaptasi novel karangan Michael Ondaatje. Berisi kisah skandal percintaan antara seorang pembuat peta asal Hungaria dengan seorang pelukis yang sudah menikah. Film karya Anthony Minghella ini berhasil meraih 9 piala Oscar termasuk untuk kategori Best Picture.

19.    Hero (2002)
Film yang disutradarai oleh Zhang Yimou ini merupakan salah satu film paling mahal dan paling sukses dalam sejarah perfilman Tiongkok. Dibintangi Jet Li sebagai sang pahlawan tanpa nama (Nameless). Bercerita tentang percobaan pembunuhan terhadap Kaisar Qin oleh pendekar-pendekar legendaris yang ingin membalaskan dendam mereka karena telah menaklukkan negeri mereka. Kagum sama tone warna yang selalu berbeda di setiap segmen dalam film ini. Indah.

20.    The Bang Bang Club (2010)
Sebuah drama berdasarkan pengalaman nyata kehidupan empat fotografer perang menangkap hari-hari terakhir apartheid di Afrika Selatan. Film yang menyentuh, melihat para fotografer berjuang menghasilkan karya yang indah ditengah kancah perang dan dampak psikologis bagi mereka.

21.    The Others (2001)
Hasil Penyutradaraan Alejandro Amenabar ini menampilkan atmosfir yang kelam dan berhasil menyeret penonton masuk ke dunia lain. Hanya 10 menit terakhir saja penonton mulai dibiarkan mengerti gambaran yang dirajut sepanjang film berlangsung. This house is ours.

22.    Speed (1994)
Seorang polisi muda Jack Traven (Keanu Reeves) harus mencegah bom yang akan meledak di dalam sebuah bus kota yang sedang melaju dan harus menjaga kecepatan di atas 50 mph. Film ini terasa fenomenal di zamannya apalagi gaya potongan rambut crew cut Keanu yang kemudian menjadi trend gaya rambut para pria. Jadi teringat bela-belain cabut kuliah cuma untuk nonton film ini.

23.    Scream (1996)
Tentang teror pembunuh bertopeng hantu yang menyiksa calon korbannya dengan menelepon mereka dahulu lalu menusuknya dengan kejam. Tujuan utama sang pembunuh misterius adalah Sidney Prescott (Neve Campbell). Film bergenre slasher/thriller karya Wes Craven ini akhirnya dilanjutkan dengan beberapa sekuel.

24.    The Bodyguard (1992)
Meskipun banyak dikritik para kritikus film, namun film ini tetap laris. Cerita yang klise, tokoh pria yang dingin dan jaim, tokoh wanita yang sombong dan susah diatur, kebersamaan yang menumbuhkan rasa cinta dan sebuah kejadian dramatis yang mampu meluluhkan tembok ego masing-masing karakternya. Didukung oleh soundtrack berisi lagu-lagu sukses yang mendayu-dayu. I will always love you, dah pokoknya.

25.    Ghost (1990)
Dengan budget kecil tapi mampu menjadi fenomenal global di tahun 90-an. Film ini memiliki segalanya, komedi, drama, romantis serta tentu saja tetesan airmata. Wabah gaya potongan rambut Demi Moore pun menyebar dan adegan yang paling legendaris adalah ketika membuat tembikar yang diiringi lagu melankolis Unchained Melody.

Demikian 25 film asing yang paling berkesan bagi saya saat ini. Untuk mendatang bisa saja daftar ini berubah seiring waktu.

Referensi : IMDB dan Majalah Cinemags

Tidak ada komentar:

Posting Komentar