Halaman

Kamis, 16 Oktober 2014

25 Film India Paling Berkesan



Entah kenapa film India selalu membuat saya merasa terikat dan tertarik untuk melihatnya. Meski banyak yang tidak suka karena durasinya terlalu panjang, cengeng, penuh lagu dan tarian. Ah justru disitulah ciri khasnya. Akhirnya semua tergantung selera masing-masing penikmat film. Berikut ini daftar 25 film bollywood yang paling berkesan dan susah dilupakan buat saya, meski sebenarnya jumlahnya bisa lebih dari ini.

1.    Aashiqui 2 (2013)
Film musikal tentang kisah cinta sepasang kekasih yang selalu melewati cinta dan benci, ketenaran dan kegagalan dalam hidup mereka. Akankah mereka tetap bersama menerima kesuksesan mereka, atau malah berpisah karena ego mereka? Meski terdapat angka 2, film ini bukan sekuel dari film Aashiqui (1990). Namun masih tetap mempertahankan adegan hujan-hujanan. Diiringi soundtrack lagu-lagu nan romantis. Chesmistry yang terbangun antara Aditya Roy Kapoor dan Shraddha Kapoor pun cukup menawan, Love makes life live...

2.    Desh Premee (1982)
Berkisah tentang Master Dinanth seorang veteran perang kemerdekaan India yang kini setelah merdeka melihat cinta rakyat untuk negara mereka tampaknya makin berkurang dan mereka terlalu sibuk memperkaya diri sendiri. Disini Amitabh Bachchan berperan ganda sebagai ayah dan anak. Film ini masih terus saja teringat meskipun dulu nontonya di tahun 80-an, mungkin karena lagu-lagunya yang indah terus terngiang. Apalagi ada Hema Malini dan Parveen Baby dalam film ini.
3.    Highway (2014)
Tepat sebelum hari pernikahannya, seorang gadis muda diculik dan ditahan untuk sebuah tebusan. Setelah hari-hari berikutnya yang dilalui, ia mulai mengembangkan ikatan yang aneh dengan penculiknya. Kekuatan akting Alia Bhatt yang cukup menawan mampu menambah daya tarik film ini selain wajah cool Randeep Hooda sebagai penculik tentunya.

4.    Kai Po Che! (2013)
Tiga orang sahabat yang tumbuh di India pada pergantian milenium berusaha membuka tempat pelatihan untuk menghasilkan bintang kriket masa depan negaranya. Tapi hal-hal tak terduga terjadi tiba-tiba dan ceritapun mengambil alih. Kisah yang begitu menyentuh. Film ini didukung para pemain pendatang baru seperti Rajkummar Rao, Sushant Singh Rajput dan Amit Sadh. Brothers... for life.

5.    Bandish (1980)
Kishan (Rajesh Khanna), anak kaya dan manja, belajar kedokteran di perguruan tinggi, mulai belajar kerendahan hati oleh sesama mahasiswa, Madhu (Hema Malini), kemudian dia mengalami transformasi dramatis, dan juga jatuh cinta dengannya. Mimpi mereka hancur ketika Madhu terbunuh. Satu lagi film yang tak bisa dilupakan, bintang favorit, soundtrack romantis yang selalu enak didengar.

6.    Kuch Kuch Hota Hai (1998)
Selama kuliah, Anjali (Kajol) jatuh cinta dengan sahabatnya Rahul (Shah Rukh Khan), tapi ia menjatuhkan pilihan pada Tina (Rani Mukherji). Bertahun-tahun kemudian, putri delapan tahun Rahul dan Tina yang sekarang sudah almarhum mencoba untuk menyatukan kembali ayahnya dan Anjali. Film yang sangat fenomenal di tahun 1998, bahkan hingga kini masih sering diputar di stasiun TV nasional.
7.    Citylights (2014)
Deepak Sing (Rajkummar Rao) seorang petani di Rajasthan. Setelah terjadi sebuah tragedi, dia bermigrasi ke Mumbai bersama istri dan anaknya untuk menjalani kehidupan yang lebih baik. Namun, setelah tiba, ia segera menemukan tantangan hidup di kota besar. Film yang menyentuh melihat perjuangan sebuah keluarga kecil untuk tetap bisa bertahan di tengah gemerlapnya cahaya kota. How far will you go for the love of your family?
8.    Bhaag Milkha Bhaag (2013)
Kisah nyata "Flying Sikh" seorang pelari juara dunia dan olimpiade, Milkha Singh yang mampu bangkit setelah melalui peristiwa pembantaian keluarganya, perang saudara India-Pakistan, dan tuna wisma untuk menjadi salah satu atlet paling ikonik India. Film ini banyak mendapat penghargaan di negaranya termasuk untuk Farhan Akhtar sebagai Best Actor.
9.    3 Idiots (2009)
Dua orang sahabat mencari sahabat mereka yang lama hilang. Mereka kembali ke kampus tempat kuliah mereka dulu dan mengingat kembali kenangan tentang sahabat mereka yang telah mengilhami untuk berpikir secara berbeda, bahkan ketika seluruh dunia menyebut mereka "idiot". Film yang menginspirasi ini didukung oleh trio kompak, Aamir Khan, R. Madhavan dan Sharman Joshi.
10.    Kabhi Alvida Naa Kehna (2006)
Kisah tentang dua pasang suami istri muda yang mengalami benturan-benturan dalam rumah tangga yang baru mereka bangun. Sudah menjadi ciri khas Karan Johar yang selalu menyuguhkan tentang kisah problematik keluarga, film ini pun demikian. Didukung penuh oleh mega bintang seperti Shah Rukh Khan, Amitabh Bachchan, Rani Mukherji, Preity Zinta, Abhishek Bachchan, dan lainnya. A love... that broke all relationships.
11.    Baghavat (1982)
Aksi balas dendam sang putra mahkota terhadap penguasa yang telah membunuh orang tuanya. Film bersetting kerajaaan yang mempertemukan pasangan Dharmendra dan Hema Malini, dan tentu saja ada aktor yang sering menjadi tokoh antagonis, Amjad Khan. Ingat dulu waktu SD kalau diajak nonton film India di bioskop selalu sembunyi dibalik kursi penonton yang ada di depan kalau sudah keluar tokoh antagonisnya. :D
12.    Bobby (1973)
Film yang sangat populer ini bercerita tentang kisah cinta antara antara 2 remaja dari status sosial yang berbeda, Raj Nath (Rishi Kapoor), anak seorang pengusaha kaya dan Bobby Braganza (Dimple Kapadia), putri seorang nelayan miskin. Film ini dikenal sebagai trend-setter film bollywood yang memperkenalkan genre roman remaja dengan benturan antara yang kaya dan yang miskin sebagai latar belakang. Banyak film di tahun-tahun berikutnya yang terinspirasi dengan plot cerita ini.
13.    Kabhi Khushi Kabhie Gham (2001)
Meramu kisah hubungan antara anak dan orang tua yang kadang-kadang berbeda prinsip dan pilihan. Satu lagi film besutan Karan Johar tentang drama keluarga dengan multi cast, ada Amitabh Bachchan, Jaya Bachchan, Shah Rukh Khan, Kajol, Hrithik Roshan, Kareena Kapoor dan Rani Mukherji. It’s all about loving your parents...
14.    Sohni Mahiwal (1984)
Kisah cinta tragis sepasang kekasih, Sohni (Poonam Dhillon) dan Mirza Izzat Beg (Sunny Deol) yang tetap melestarikan cinta sejati mereka. Film romantis yang mengharu biru. The legend of love...
15.    Student of The Year (2012)
Yoginder Vashisht (Rishi Kapoor), dekan yang sudah pensiun, jatuh sakit parah. Beberapa siswa dari tahun terakhirnya di St Theresa 's College datang menjenguk. Dalam kilas balik, mereka semua mengingat peristiwa yang tidak satupun dari mereka melupakannya. Dan bagaimana kompetisi “Student of The Year” membentuk siapa mereka, bagaimana mereka terkait dan apa yang telah terjadi pada mereka. Dibintangi para rising star masa kini, Alia Bhatt, Sidharth Malhotra dan Varun Dhawan. Film ini cukup sukses dan laris di masa peredarannya. The competition of life...
16.    Mohabbatein (2000)
Di India, asmara terbuka dilarang, seperti menunjukkan kasih sayang di depan umum. Seorang rektor bernama Narayan (Amitabh Bachchan) yang beriman kuat dalam hal ini, menyadari bahwa para mahasiswanya dilarang menjalin kasih. Tidak ada yang bisa merubah jalan pikiran Narayan. Kemudian perguruan tinggi merekrut seorang guru musik bernama Raj (Shah Rukh Khan) yang akhirnya mulai mengipasi api cinta di kalangan mahasiswa. Some love stories live forever...
17.    Goliyon Ki Rasleela Ram-Leela (2013)
Ram dan Leela, cinta mereka, nafsu dan kemudian drama tragis. Adaptasi modern dari kisah 'Romeo & Juliet' karya Sanjay Leela Bhansali yang selalu penuh warna, mewah dan megah. Penampilan apik juga diperlihatkan pemainnya, Ranveer Singh dan Deepika Padukone yang menghadirkan chemistry kuat.
18.    Disco Dancer (1982)
Jimmy berjanji untuk kembali ke Bombay dan menjadi penghibur terkenal sehingga ia dapat membalas dendam pada Mr. Oberoi karena telah menghina dan mempenjarakan ibunya atas tuduhan palsu. Film yang mempopulerkan nama Mithun Chakraborty menjadi bintang papan atas bollywood saat itu. I am a disco dancer...
19.    Dilwale Dulhania Le Jayenge (1995)
Sepasang pria dan wanita keturunan India yang lahir dan dibesarkan di Inggris, saling jatuh cinta selama perjalanan ke Swiss. Namun, ayah sang wanita itu membawanya pulang ke India untuk memenuhi janji pertunangannya. Salah satu film tersukses dan terlaris dari pasangan Shah Rukh Khan dan Kajol yang dihiasi lagu-lagu romantis yang sudah akrab di telinga. Come... fall in love.
20.    The Dirty Picture (2011)
Kisah cinta antara seorang aktris dan sutradara. Terinspirasi dari kisah nyata kehidupan almarhum aktris India Selatan, Silk Smitha. Penampilan Vidya Balan yang memukau di film ini menghantarkannya mendapat anugerah Best Actress.
21.    Nagina (1986)
Rajiv (Rishi Kapoor) seorang pemuda yang menikahi Rajni (Sridevi) seorang wanita jelmaan ular berbisa yang berencana membalas kematian pasangannya bertahun-tahun lalu ketika Rajiv masih kecil. Hubungan ini akan terusik dengan hadirnya seorang pawang ular Bhairavnath (Amrish Puri). Film yang cukup menghibur dan kemudian dibuat sekuelnya dengan judul Nigahen.
22.    Queen (2014)
Film tentang pendewasaan diri. Rani (Kangana Ranaut) adalah seorang gadis Delhi dari keluarga konservatif yang dicampakkan oleh tunangannya sebelum pernikahannya. Shock, dia memutuskan untuk berangkat bulan madu yang telah direncanakan dahulu, sendirian. Saat ia berkeliling Eropa dan bertemu orang-orang baru, dia memperoleh pengalaman baru dan menemukan jati dirinya sendiri.
23.    Bombay Talkies (2013)
Memperingati seratus tahun sinema India dirayakan dalam bentuk empat cerita pendek yang menggambarkan sejauh mana film menembus kehidupan kita, bagaimana lagu-lagu yang ada di film menjadi ratapan melankolis dalam hidup, bagaimana seorang bintang mampu menyihir kita. Film omnibus ini disutradarai oleh Karan Johar, Zoya Akhtar, Dibakar Banerjee dan Anurag Kashyap.
24.    New York (2009)
Kisah 3 orang sahabat yang kehidupan indahnya berubah drastis dan harus tercerai berai saat terjadi peristiwa 9/11. Film karya sutradara Kabir Khan ini mempunyai plot kisah yang menarik dan dibintangi oleh John Abraham, Neil Nitin Mukesh dan Katrina Kaif.
25.    Dhoom : 2
Kali ini ACP Jai Dixit (Abhishek Bachchan) dan sahabatnya Ali (Uday Chopra) berhadapan dengan seorang pencuri internasional yang hanya dikenal sebagai Mr. A (Hrithik Roshan). Apakah mereka akan mampu menangkapnya? Film ini turut juga dibintangi oleh Aishwarya Rai dan Bipasha Basu sebagai pemanis.

Demikian sejumlah film bollywood yang pernah singgah dan turut berkesan bagi hidup saya.

Referensi : IMDB

4 komentar:

  1. Diantara bnyk film..sy cm tau tiga..kuch kuch hota hai, mohabbatein dan 3 idiots...hahaha
    Pdhal sy termasuk penggemar film india dr dulu

    BalasHapus
  2. Rata-rata badan orang india di film india kotak-kotak ya? Hahahha

    BalasHapus
  3. Sejauh ini, 3 Idiots masih tetep jadi film India terbaik sih menurut ane.

    BalasHapus